Daihatsu NC-Y dan NC-Z, Mobil Konsep Lebih Murah Dibanding Ayla

Daihatsu_NC-Y_Concept
Berita Terhangat

Ototren.netDaihatsu NC-Y dan NC-Z, Mobil Konsep Lebih Murah Dibanding Ayla - Daihatsu menghadirkan pasukan barunya yang memiliki ukuran lebih mini dari Daihatsu Ayla. Konsel Daihatsu NC-Y dan NC-Z pertama kali diperkenalkan pada perhelatan acara “World Premiere”, mobil konsep ini digadang – gadang sebagai suksesor baru dari Daihatsu Ayla namun dengan dimensi yang lebih kecil. Jika benar Daihatsu NC-Y dan NC-Z akan diproduksi, dipastikan akan dibanderol dengan harga yang lebih murah, dibanding Daihatsu Ayla.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM), di pembukaan IIMS mengatakan bahwa mobil ini memang diposisikan di bawah Ayla. Tampilan yang simpel dan fungsional dirasa cocok untuk perkotaan yang cenderung padat. “Kami tengah menjajaki kemungkinan adanya pasar di bawah Ayla yang akan ditempati NC-Y dan NC-Z ini,” ujarnya.

Meski sampai saat ini belum ada bocoran mengenai teknologi yang diusung, namun dipastikan bahwa kedua suksesor Daihatsu Ayla ini akan mengusung konsep teknologi ramah lingkungan dengan harga yang terjangkau. Meski terbilang mirip, namun duo mini besutan Daihatsu Corp Jepang ini masing – masing memiliki ciri khasnya sendiri. NC-Y cocok untuk yang mengutamakan kepraktisan berkendara, sedang NC-Z untuk yang menginginkan mobil mini berdesain sporty dan dinamis.

Kepala Penelitian dan Pengembangan ADM Satrio Budiono menjelaskan dalam konferensi pers, Selasa (24/9/2013), jika nanti duo adik Ayla masuk jalur produksi, harganya kemungkinan bisa menjadi Rp 70-an juta. “Pastinya belum tahu, yang jelas di kisaran itu,” katanya.

Pihak Daihatsu melalui ajang IIMS 2013 ini sedang melakukan uji minat dan kecocokan dengan kultur Indonesia. Masyarakat yang akan menentukan, lebih memilih mobil mungil nan praktis, atau lebih memilih memilih mobil mungil berdesain sporty dan fituristik.

Selayang Pandang Penulis

Pada tahun 2011 Atrayu memutuskan diri untuk lebih spesifik menulis tentang otomotif dan teknologi, berkat hobi barunya otak atik dapur pacu kuda besi miliknya.